9 Peluang UMKM Tahun 2022 telah Menyumbang sekitar 45% dari output industri dan 40% dari total ekspor dan menyediakan lapangan kerja bagi 42 juta orang di negara ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia.
9 Peluang UMKM Tahun 2022 telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa dengan beradaptasi dengan cepat terhadap lanskap pasar yang berubah dengan cepat dan memberi peluang tantangan bisnis yang tidak terduga untuk keuntungan mereka.
Hal ini semakin memperkuat mereka dan membuka jalan bagi pertumbuhan jangka panjang mereka. Akhir-akhir ini, pasar telah melihat serangkaian tren UMKM yang kemungkinan akan tetap ada di tahun 2022. Jadi mari kita lihat 9 Peluang UMKM Tahun 2022 yang terdapat saat ini.
Yuk Cari Tahu 9 Peluang UMKM Tahun 2022
- Peningkatan Kapasitas
- Pengembangan Infrastruktur TI
- Kecerdasan Buatan (AI)
- Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi
- Penciptaan Lapangan Kerja
- Peningkatan Ekspor dan Penanaman Modal Asing
- Kemudahan Bisnis
- Insentif investasi ke sektor UMKM
- Standardisasi di bidang perkreditan
- Peningkatan Kapasitas
Pandemi menimbulkan beberapa tantangan tak terduga dan banyak titik sulit dalam cara berbisnis. Banyak UMKM yang mengalami kesenjangan digital baik dari sisi rekanan maupun sisi konsumen. Hal ini menyebabkan lonjakan dalam mengejar keterampilan digital yang ditingkatkan.
Memungkinkan UMKM untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui pendidikan, pengembangan keterampilan, dan pelatihan praktis.
Pengembangan Infrastruktur TI
Semakin banyak usaha kecil dan menengah yang menyadari pentingnya akses ke infrastruktur TI yang berkualitas. Namun, kesenjangan digital di sektor UMKM terlihat dari survei terbaru yang dilakukan ITC. Hasil mengungkapkan bahwa penggunaan email dan kehadiran web jauh lebih rendah di perusahaan kecil daripada di industri menengah dan besar.
Kecerdasan Buatan (AI)
AI sudah disebut-sebut sebagai pelopor inovasi modern. Dan bagi UMKM yang sudah berurusan dengan data besar berupa transaksi pihak, penjualan secara kredit, pembayaran, pengingat, dll dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membangun aplikasi yang unggul dan inovatif.
Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi
Teknologi digital modern dapat memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Hari demi hari, bisnis mulai memprioritaskan personalisasi karena dapat menjamin manfaat jangka panjang berikut:
A. Peningkatan retensi pelanggan
B. Peningkatan cross-selling dan upselling
C. Peningkatan kepuasan pelanggan.
Demikianlah artikel tentang 9 Peluang UMKM Tahun 2022. Semoga bermanfaat.